Sunday, June 4, 2017

Image result for internet safety tips

Sama seperti ada bahaya di lautan, ada banyak bahaya juga yang mengintai di Internet. Namun, tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan tips bagaimana cara untuk melindungi dirimu sendiri dari bahaya. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tetap aman saat Anda berada di internet.

1. Ketahui jenis-jenis penipuan yang sedang marak di internet. Bisa dengan membaca artikel dan blog, ikuti berita, kemudian jangan lupa bagikan juga ke teman-teman Anda.

2. Pikirkan sebelum anda klik. Jangan pernah mengeklik tautan dalam pesan dari orang yang tidak Anda kenal atau tidak begitu kenal. Tautan semacam ini akan mengarah ke situs web yang dapat memikat Anda untuk memberikan informasi pribadi atau mendownload malware ke komputer Anda. Anda bahkan harus waspada dengan email dari orang yang Anda kenal jika terlihat atau terdengar mencurigakan. Hacker bisa membuat email jahat yang sepertinya berasal dari akun email sahabat Anda.

3. Harus teliti. Waspadalah terhadap situs palsu. Situs-situs palsu mungkin memiliki alamat yang sangat mirip dengan situs yang sah, namun laman tersebut dapat salah eja, tata bahasa buruk atau gambar beresolusi rendah. Namun, scammerssekarang ini ssemakin baik dalam mereplikasi situs, jadi pastikan. Jika sebuah situs meminta informasi pribadi, Anda bisa mengecek ulang URLnya dan memastikan bahwa itu bukan situs palsu

4.  Jangan berbelanja di situs kecuali memiliki ikon "https" dan gembok di sebelah kiri atau kanan URL. Selain itu, lindungi diri Anda dan gunakan kartu kredit alih-alih kartu debit saat berbelanja online

5. Kick-butt passwords . Jauhi kata sandi "Fitguy1982" dan gunakan yang sangat tidak dapat dipecahkan seperti 9 & 4yiw2pyqx #. Frasa juga bagus. Teratur mengubah kata sandi dan tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk akun penting. 

6. Lindungi info dan jaga jaga dirimu. Cadangkan semua data Anda di komputer, ponsel, dan tablet jika terjadi kehilangan, pencurian atau benturan. Juga, secara rutin periksa berbagai laporan keuangan Anda untuk aktivitas yang patut dipertanyakan.

7. Awasi konektivitas Wi-Fi Anda. Lindungi jaringan Anda dengan mengubah pengaturan default router Anda dan pastikan Anda memiliki koneksi yang dilindungi kata sandi. 

8. Pasang firewall. Firewall adalah garis pertahanan yang hebat melawan serangan cyber. 

9. Tetap up to date pembaruan keamanan software secara otomatis untuk melindungi komputer Anda.  Gunakan patch keamanan terbaru dari produsen untuk melakukan update reguler dan pastikan perangkat lunak Anda telah diatur untuk melakukan pemindaian rutin.

10. Gunakan logika Anda. Tidak perlu menjadi jenius dalam hal komputer untuk mengetahui bahwa tidak aman untuk membuka lampiran berjudul, "Klaim Warisan Anda!" Dengan akal sehat saat berinternet di Web dapat melindungi Anda dari beberapa hiu cyber yang kelaparan.

Ini adalah dasar-dasar untuk membantu Anda tetap aman saat online.



SUMBER:
McAfee. (2014). 10 tips to stay safe online. Diakses melalui https://securingtomorrow.mcafee.com/consumer/10-tips-stay-safe-surfing-web/

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Popular Posts