Sunday, June 4, 2017

Image result for chatting group

HUBUNGAN MEDIA KOMUNITAS DENGAN INTERNET

Media Komunitas tidak selamanya hanya sekedar radio, namun komunitas online saat ini berkembang pesat melalui media-media, seperti Facebook, Line, WA dsb. Orang-orang yang membentuk komunitas biasanya didasarkan pada lokasi atau tempat, minat, komuni, kesukuan, keturunan, keyakinan, politik, pekerjaan atau bahkan persahabatan.


Komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.

Jika dilihat dari penjelasan diatas, jika yang mendasari timbulnya sebuah komunitas adalah lokasi atau tempat, jika dahulunya mereka mengadakan pertemuan rutin di sebuah tempat untuk mengadakan sebuah perkumpulan, namun dengan basis internet mereka tak perlu lagi datang dari tempat jauh guna untuk bertemu sesama komunitasnya, hanya dengan media chat atau bahkan videochat atau teleconfrence mereka dapat berinteraksi setiap saat. Namun tak jarang juga berawal dari sebuah komunitas online, mereka mengadakan sebuah pertemuan tatap muka dengan istilah “copy darat” yang dimaksud ialah mereka yang tergabung dalam sebuah komunitas berbasis online, melakukan pertemuan atau family gathering yang direncanakan sebelumnya di forum komunitas tersebut, dengan agenda yang bervariasi.
Bukan berarti komunitas online hanya sekedar tempat berkumpulnya sebuah komunitas, namun dalam komunitas online dapat dilihat beberapa fungsi sosialnya, antara lain
·         Media berbagi informasi
Melalui komunitas online kita dapat dengan cepat mengetahui adanya kabar atau sebuah hal yang sedang ramai dibicarakan, terutama dalam komunitas yang besar.
·         Latihan untuk menggali skill menulis
Seperti yang kita tahu, banyak situs blog yang menyajikan layanan free untuk memuat tulisan kita didalamnya, selain bisa bertukar ilmu dan informasi antar sesama blogger, skill menulis kita secara tidak langsung akan terasah jika berlatih memposting tulisan 
·           Media Sosialisasi suatu hal
Salah satu yang sering kita temui ialah, yang menurut saya pribadi sangat berkaitan dengan fungsi sosial internet itu sendiri ialah, dalam mengkampanye’kan suatu hal, misal mengkampanyekan untuk menghemat listrik atau kampanye anti narkoba, bahkan sampai kampanye politik.
·           Pasar Online
Dalam komunitas online, di dalamnya pasti akan ada proses penawaran, apalagi jika dalam suatu komunitas yang didasarkan pada kegemaran yang sama. Para penjual akan selalu tergiur untuk menciptakan pasar dalam suatu komunitas online.


HUBUNGAN MEDIA KOMERSIAL DENGAN INTERNET
Image result for website iklan

Website Komersial
Website komersial adalah website yang dibuat untuk tujuan mencari uang. Misalnya:
Image result for website publisher
§  Website publisher. Yaitu situs yang menayangkan iklan milik pengiklan/advertiser melalui jaringan program aplikasi periklanan di internet. Website ini mendapatkan uang dari memasarkan iklan milik orang lain. Contohnya, publisher adsense, chitika, adsensecamp, idblognetwork dan sebagainya.

Image result for bisnis online


Image result for google
§  Website bisnis online. Yaitu website yang mengiklankan produk barang maupun jasa milik sendiri. Website ini mendapatkan uang dari hasil penjualan/sewa produk yang mereka pasarkan.


§  Website mesin pencari. Yaitu website yang menayangkan iklan milik pengiklan/advertiser di hasil pencarian atau penelusuran pengguna di internet. Website ini mendapatkan uang dari memasarkan iklan milik orang lain. Contohnya, google search, yahoo search. bing search, dan sebagainya.

Image result for facebook

§  Website-website lainnya yang digunakan untuk tujuan mencari uang seperti media sharing, facebook, dan website jejaring sosial lainnya. Facebook mendapatkan uang dari menampilkan iklan milik pengiklan yang beriklan di facebook.





SUMBER:

Suhardi, S. S. (2009). Sosiologi 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI. [e-book]. Diakses melalui https://www.scribd.com/doc/89227661/Kelas-XI-SMA-IPS-Sosiologi-2-Suhardi

Suryandaru, Yayan. (2013). Hand out lembaga penyiaran komersial. Diakses melalui http://yayan-s-fisip.web.unair.ac.id/artikel_detail-70836-media-Hand%20Out%20Lembaga%20Penyiaran%20Komersial.html


0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Popular Posts