Tuesday, April 18, 2017




Sekitar tahun 1960 jaringan komputer diciptakan, jaringan komputer inilah yang menjadi cikal bakal dari internet. Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang dihubungkan menggunakan kabel dalam satu lokasi. Jaringan omputer ini memiliki fungsi agar pengguna komputer dapat bertukar informasi dan data sesama pengguna yang terhubung. Pada awal penciptaannya jaringan komputer digunakan oleh angkatan bersenjata untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika merasa takut komunikasi akan lumpuh saat mereka mendapat serangan, sehinga memotivasi mereka untuk mencoba berkomunikasi  dan bertukar informasi melalui jaringan komputer.
Image result for universitas california at los angeles (ucla
                Setelah angkatan bersenjata, dunia pendidikan pun merasa perlu mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas California at Los Angeles (UCLA).  Pada tahun 1970 akhirnya internet banyak digunakan di universitas- universitas di Amerika dan telah berkembang sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan model berbeda para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Protokol ini kita kenal dengan istilah TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol).
                Internet yang merupakan riset untuk pertahanan dan pendidikan menjadi  perangkat pendukung di dunia bisnis yang sangat berpengaruh. Internet juga merupakan cikal bakal terciptanya aplikasi web. Dalam kaitannya dengan aplikasi web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.

1. Sejarah Dari Adanya Internet Dimulai
Image result for Advance Research Projects Agency (ARPA
Pada tahun 1957, Amerika Serikat melalui Advance Research Projects Agency (ARPA), bertekad untuk mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh perang dingin antara Amerika Serikan dengan Uni Soviet.
a. pada tahun 1960 ARPA menemukan paket switching. Paket switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah menjadi paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salah satu jalur rusak dan menghambat paket sampai ke tujuan.  Paket switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus. Ketika ARPANET menjadi jaringan komputer internasional di Amerika Serikat pada tahun 1969, paket switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasi mengggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.  Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advance Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program ini dikenal dengan ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
ARPANET kemudian kemudian merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat, dan ditetapkan sebagai sebuah standar pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal dengan istilah TCP IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan disinilah awal dari segala sejarah internet yang dikenal luas sampai saat ini.
Tujuan awal dibangunnya proyek in tentu untuk keperluan militer. Departemen pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Awalnya hanya 4 situs saja yang terhubung yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Di mana keempat situs ini membentuk jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tak lama kemudian proyek ini berkembang dan semua universitas di negara tersebut ikut bergabung, sehingga ARPANET sendiri kesulitan untuk mengaturnya. Hal ini menyebabkan ARPANET dipecah menjadi MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer. Gabungan kedua jaringan ini dikenal dangan DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini sangat mudah digunakan sehingga langsung menjadi populer saat itu. Icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan at atau pada. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota ARPANET. 

b. Perkembangan besar internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan saat ini yaitu TCP/IP. Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Robert Kahn dan Vinton Cerf lah yang mengembangkan protokol ini pada tahun 1974. Dengan protokol standar disetujui diberbagai tempat, hal ini membuat terbentuknya jaringan raksasa yang membantu orang saling terhubung. Jaringan dengan menggunakan protokol inilah yang disebut sebagai jaringan internet.
Pada 26 Maret 1976 merupakan hari bersejarah karena Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals dan Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung dengan ARPANET membentuk jaringan atau network. 
Pada 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena semakin banyak komputer yang membentuk jaringan, maka dibutuhkan protokol resmi yang diakui semua jaringan. Pada tahun 1982 terbentuklah TCP (Trabsmission Control Protocol) dan IP (Internet Protokol). Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan EUNET, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Pada tahun 1984 untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS (Domain Name System). Pada 1987 jumlah komputer yang bergabung mencapai 10.000 lebih. jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, semakin banyak juga universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk.
Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Setahun kemudian komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipa menjadi 100.000 komputer yang kini membentuk sebuah jaringan. 1990 merupaakan tahun paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program ini kita kenal dengan WWW (World Wide Web). Tahun 1992, komputer yang saling terhubung sudah melampaui sejuta komputer dan di tahun yang sama juga muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail muncul di internet. Seketika dunia berubah. 
Image result for yahoo logo
Yahoo! Juga didirikan di tahun yang sama, yang sekaligus melahirkan Netscape Navigator 1.0.

c. Perkembangan besar  internet yang ketiga adalah terbangunnya aplikasi WWW pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi WWW ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam konten dan aplikasi, serta mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

2. Daftar Kejadian Penting Dalam Perkembangan Internet
Image result for sputnik
1957
Uni Sovyet meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.

1958
Amerika serikat juga menluncurkan wahana luar angkasa dan membentuk sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau ARPA (Advanced Research Projects Agency), yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

1960-an awal
ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosika Cooperative Networking of Time-sharing Computers, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan.

1962
J.C.R. Licklider menulis tentang visi dimana komputer-komputer dapat saling terhubung antara satu sama lain secara global agar setiap komputer dapat menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini yang ditujukan untuk tujuan militer.

1965
Istilah Hypertext dikeluarkan oleh Ted Nelson.

1968
Jaringan Tymnet dibuat.

1972
Terbentuknya INWG (International Network Working Group) untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan membuat stadar-standar untuk jaringan komputer, termasuk internet. Vint Cerf merupakan pembicara pertama dari organisasi ini yang kemudian dikenal sebagai Bapak Internet.

1973
ARPANET ke luar Amerika Serika, anggotanya juga kian bertambah dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of Landon.

Image result for The New York Times DataBank
1972-1974
Beberapa layanan basis data komersial mendaftarakan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up. Seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank dan lainnya.

1974
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel A Protocol for Packet Network Interconnection.
Bolt, Beranet dan Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.

1978
Protokol TCP dipecah menjadi dua yaitu TCP dan IP.

1979
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Muncul juga ide emoticon oleh Kevin McKenzie.

Awal 1980-an
Komputer pribadi mewabah dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
ARPANET memiliki anggota sebanyak 213 host yang terhubung.
Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list dan juga file Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun oleh para ilmuwan dan pakar ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation dan BBN, dengan dukungan dari NSF(National Science Foundation). Jaringan ini juga menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.

1982
Istilah Internet digunakan pertama kali dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server juga dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tercatat juga lebih dari 1000 buah host tergabung ke internet.

1986
Sistem nama domain diperkenalkan dan sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

B. Internet Saat Ini
Image result for Timothy Berners-Lee
                Pada tahun 1989 Timothy Bemers-Lee seorang ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web yang merupakan semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik, ditampilkan dalam internet. Karena inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. tetapi saat ini setiap orang dapat menggunakan internet dimanapun. Selain itu internet juga sering dgunakan lembaga pendidikan, pendidikan, militer dan perusahaan untuk membagikan informasi kepada masyarakat.

Disamping itu internet juga memiliki dampak negatif karena terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anak melihat hal yang belum pantas untuk di lihat ataupun dibaca.

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Popular Posts