Wednesday, April 19, 2017

Image result for animal defender indonesia doni herdaru
Internet di zaman sekarang sudah menjadi seperti bagian penting dari hidup manusia. Hampir semua kegiatan manusia membutuhkan saluran internet untuk kelancarannya. Dari mulai anak kecil hingga orang dewasa menggunakan internet. Perkembangan internet di Indonesia membawa banyak pengaruh.
Internet memudahkan manusia dalam banyak hal. Salah satu contohnya seperti kasus Melanie Subono yang beberapa waktu lalu sempat heboh di media sosial Instagram karena diduga bahwa ‘anak-anaknya’ tidak diasuh dengan benar oleh Animal Defender Indonesia, yaitu sebuah organisasi yang bergerak di bidang penyelamatan hewan. Lewat akun Instagramnya, Melanie memberanikan diri untuk membuat video yang ditujukan kepada Doni Herdaru pemilik Animal Defender. Melanie mengaku bahwa ia merasa sangat sulit untuk menghubungi Doni untuk menanyakan keadaan ‘anak-anaknya’. Disitulah Melanie mulai curiga, ia akhirnya memutuskan untuk membuat surat yang ia tulis di blog pribadi miliknya dan membuat video yang berisi pernyataan bahwa dirinya sudah tidak tahu lagi bagaimana caranya menghubungi Doni sehingga ia terpaksa membuat video di Instagram.

Singkat cerita, dari mengunggah videonya ke Instagram, akhirnya banyak dari teman-teman Melanie dan pengikutnya di Instagram mendukung Melanie untuk menegakkan keadilan. Doni pun akhirnya juga angkat bicara melalui Instagram untuk mengklarifikasi beberapa hal. Melanie akhirnya menuntut Doni secara hukum yang ternyata menurut cerita Melanie melakukan tindakan yang tidak pantas terhadap hewan dan bahkan manusia yang menjadi karyawan-karyawan Doni di Animal Defender.

Dari kasus tersebut, internet yang digunakan oleh hampir tiap manusia membuktikan eksistensinya dalam memudahkan manusia untuk berkomunikasi. Pengalaman buruk seseorang yang awalnya hanya dimiliki atau disimpan sendiri, melalui internet dapat menjadi masalah besar dan bersama. Mencari dukungan dan simpati sangat mudah didapatkan Melanie akibat dari adanya internet yang diimplementasikan penggunaannya melalui Instagram miliknya. Namun, penggunaan internet tidak bisa dilakukan sembarangan, penggunaannya harus dilakukan dengan berhati-hati sebab menyangkut publik/ orang banyak, karena bagaikan pisau yang bermata ganda, di sisi lain dapat melukai diri sendiri, dan di sisi lain bahkan dapat menolongmu.

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Popular Posts